Mengqoshor (meringkas) Shalat dalam perjalanan

Mengqoshor (meringkas) Shalat dalam perjalanan

حدثنا يحيى بن يحيى قال: قرأت على مالك عن صالح بن كيسان، عن عروة بن الزبير، عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم؛ أَنَّهَا قَالَتْ:
فُرِضَتِ الصَّلاَةُ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ، فِي الْحَضَرِ وَالسَّفَرِ. فَأُقِرَّتْ صَلاَةُ السَّفَرِ، وَزِيْدَ فِي صَلاَةِ الْحَضَرِ.
1 – (685)
Hadits riwayat Aisyah Radhiyallahu’anha, istri Nabi Shallallahu alaihi wassalam. ia berkata:
Awalnya tiap shalat diwajibkan dua rakaat, baik di kediaman (tidak sedang dalam bepergian) atau dalam perjalanan. Kemudian shalat dalam perjalanan tetap (dua rakaat) dan shalat di kediaman ditambah.
(Hadits Shahih Muslim : 685-1)
وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب وزهير بن حرب وإسحاق بن إبراهيم (قال إسحاق: أخبرنا. وقال الآخرون: حدثنا عبدالله بن إدريس) عن ابن جريج، عن ابن أبي عمار، عن عبدالله بن بابيه، عَنْ يَعْلَي بْنِ أُمَيَّةَ؛ قَالَ:
قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ: {لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا} [4/النساء/ الآية-101] فَقَدْ أَمَنَ النَّاسُ! فَقَالَ: عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ. فَسَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ ذٰلِكَ. فَقَالَ “صَدَقَةُ تَصَدَّقَ اللهُ بِهَا عَلَيْكُمْ. فَاقْبَلُوْا صَدَقَتَهُ”.
4 – (686)
Hadits riwayat Ya’la binUmayyah Radhiyallahu’anhu,iaberkata:
Saya menanyakan kepada Umar bin Khattab (tentang ayat) : “Kalau kamu berjalan dimuka bumi, tiadalah mengapa kamu mengqoshor shalat (yang empat rekaat dijadikan dua rekaat), kalau kamu cemas bahwa kamu akan diserang oleh orang-orang yang kafir” (QS Annisa’ : 101), sedangkan sekarang telah aman. (mengapa shalat masih di qoshor)?” Umar menjawab: “Sesungguhnya saya juga heran terhadap apa yang engkau herankan. Lalu saya menanyakan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. Dan beliau menjawab: “Itu adalah pemberian (keringanan) yang diberikan Allah kepada kamu. Sebab itu terimalah pemberiaanNya.”
(Hadits Shahih Muslim : 686-4)
حدثنا يحيى بن يحيى وسعيد بن منصور وأبو الربيع وقتيبة بن سعيد (قال يحيى: أخبرنا. وقال الآخرون: حدثنا أبو عوانة) عن بكير بن الأخنس، عن مجاهد، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ؛ قَالَ:
فَرَضَ اللهُ الصَّلاَةَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكُمْ صلى الله عليه وسلم فِي الْحَضَرِ أَرْبَعًا، وَفِي السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ، وَفِي الْخَوْفِ رَكْعَةً
5 – (687)
Hadits riwayat IbnuAbbas Radhiyallahu’anhu,iaberkata :
Allah mewajibkan shalat melalui perantaraan lisan nabi kalian Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sebanyak empat rekaat di kediaman (tidak dalam perjalanan) , dalam perjalanan sebanyak dua rekaat dan dalam pertempuran sebanyak satu rekaat.
(Hadits Shahih Muslim : 687-5)
وحدثنا عبدالله بن مسلمة بن قعنب. حَدَثَنَا عِيْسٰى بْنُ حَفْصِ بْنِ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ عَنْ أَبِيْهِ؛ قَالَ:
صَحِبْتُ اِبْنَ عُمَرَ فِي طَرِيْقِ مَكَّةَ. قَالَ فَصَلِّى لَنَا الظُّهْرَ رَكْعَتَيْنِ. ثُمَّ أَقْبَلَ وَأَقْبَلْنَا مَعَهَ. حَتَّى جَاءَ رِحْلُهُ. وَجَلَسَ وَجَلَسْنَا مَعَهُ. فَحَانَتْ مِنْهُ اِلْتِفَاتَةً نَحْوَ حَيْثُ صَلَّى. فَرَأَى نَاسًا قِيَامًا. فَقَالَ: مَا يَصْنَعُ هٰؤُلاَءِ؟ قُلْتُ: يُسَبِّحُوْنَ. قَالَ: لَوْ كُنْتُ مُسَبِّحًا َلأَتْمَمْتُ صَلاَتِي. يَا ابْنَ أَخِي! إِنِّي صَحِبْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِي السَّفَرِ. فَلَمْ يَزِدْ عَلَى رَكْعَتَيْنِ حَتىَّ قَبَضَهُ اللهُ. وَصَحِبْتُ أَبَا بَكْرٍ فَلَمْ يَزِدْ عَلَى رَكْعَتَيْنِ حَتَّى قَبَضَهُ اللهُ. وَصَحِبْتُ عُمَرَ فَلَمْ يَزِدْ عَلَى رَكْعَتَيْنِ حَتَّى قَبَضَهُ اللهُ. ثُمَّ صَحِبْتُ عُثْمَانَ فَلَمْ يَزِدْ عَلَى رَكْعَتَيْنِ حَتَّى قَبَضَهُ اللهُ. وَقَدْ قَالَ اللهُ: {لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ} [33/الأحزاب/ الآية-21].
8 – (689)
Dan telah menceritakan hadits kepada kami ‘Isa bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar bin Khattab dari Ayahnya katanya;
“Aku pernah menemani Ibnu ‘Umar di suatu jalan di Makkah, Ayahh Isa bin ‘Ashim berkata; “Dia lalu shalat zhuhur dua raka’at mengimami kami, setelah itu dia berjalan dan aku pun berjalan bersamanya hingga dia mendatangi barang-barang bawaannya. Lalu dia duduk dan aku duduk bersamanya, kemudian dia menoleh ke tempat yang sebelumnya beliau pergunakan untuk shalat. Dia melihat orang-orang berdiri, dia bertanya; “Apa yang sedang mereka lakukan?” Aku menjawab; “Mereka tengah melakukan shalat sunnah!” Ibnu Umar berkata; “Sekiranya aku melakukan shalat sunnah, niscaya aku akan menyempurnakan shalatku (maksudnya shalat wajibnya tidak diqashar) wahai anak saudaraku, aku pernah menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam safar, beliau tidak menambah lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, dan aku juga pernah menemani Abu Bakar, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, aku juga pernah menemani Umar bin Khattab, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, kemudian aku menemani Utsman bin Affan, namun dia tidak pernah (mengerjakan shalat) lebih dari dua rakaat hingga Allah mewafatkannya, sedangkan Allah berfirman; Sungguh pada diri Rasulullah terdapat teladanan yang baik bagimu.” (QS. Ahzab : 21).
(Hadits Shahih Muslim : 689-8)
حدثنا سعيد بن منصور. حدثنا سفيان. حدثنا محمد بن المنكدر وإبراهيم بن ميسرة. سَمِعْنَا أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُوْلُ:
صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم الظُّهْرَ بِالْمَدِيْنَةِ أَرْبَعًا. وَصَلَّيْتُ مَعَهُ الْعَصْرَ بِذِي الْحُلَيْفَةَ رَكْعَتَيْنِ.
11 – (689)
Hadits riwayat Anas Radhiyallahu’anhu, ia berkata :
Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menunaikan shalat Zuhur di Madinah sebanyak empat rakaat dan di Dzul Hulaifah sebanyak dua rakaat.
(Hadits Shahih Muslim : 689-11)
حدثنا يحيى بن يحيى التميمي. أخبرنا هشيم عن يحيى بن أبي إسحاق، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ؛ قَالَ:
خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنَ الْمَدِيْنَةِ إِلَى مَكَّةَ. فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ. حَتَّى رَجَعَ. قُلْتُ: كَمْ أَقَامَ بِمَكَّةَ؟ قَالَ: عَشْرًا.
15 – (693)
Hadits riwayat Anas binMalik Radhiyallahu’anhu,iaberkata:
Kami pergi dari Madinah ke Mekah bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam Beliau selalu shalat dua rakaat sampai beliau kembali (ke Madinah). Aku bertanya: Berapa lama baginda akan tinggal di Mekah? Beliau menjawab: Sepuluh hari
(Hadits Shahih Muslim : 693-15)

0 comments: